Linux

Play Music from Terminal

Sebenernya ku gak tau mau ngomong apa di postingan kali ini, lagi gak mood nulis aja *lah terus ngapa nulis?*. Kali ini postinganku mungkin akan membosankan (re: lebih bosenin dari yg sebelumnya *sadar diri kalo tulisanku bosenin*) jadi maaf yang udah mampir tapi kubuat bosen.

Jadi ceritanya kemarin pas kuliah aku dapet ilmu “aneh” baru yaitu tentang “IPC dan Trhead”. Nah karena aku orangnya baik hati, tidak sombong dan suka menabung, aku mau share sama kalian-kalian reader yang udah mau mampir baca. Gimana? Kurang baik apa cobak aku ini, wkwkw. Yodah deh yuk cuss (–,).

Judulnya emang Play Music from Terminal tapi jangan dikira ini terminal bus lho ya, sekali lagi ini terminal di linux. Sebelum bisa muter lagu dari terminal langkah pertama adalah pastikan bahwa di terminal udah terinstall music playernya (disini aku make vlc). Kalo belum terinstall ikuti langkah di bawah ini:

  • ketik sudo apt-get update di terminal

gy

  • setelah itu akan mucul perintah masukkan password *contoh dibawah*, jadi masukkan pasword yang kalian punya. *passwordnya emang gak keliatan pas kalian ketik, gausah panik*.bla
  • ketikkan sudo apt-get install vlc. yfud
  • tunggu sampai proses instalasi selesai

Setelah berhasil install vlc kita bikin programnya yuk. Jadi kita bakal bikin pemutar musik yang memiliki perintah help untuk menampilkan daftar perintah yang dapat digunakan, fitur list untuk menampilkan semua lagu pada folder playlist, fitur play untuk menjalankan lagu, fitur pause setelah t detik, fitur continue setelah t detik, fitur stop setelah t detik. Dan ini adalah salah satu contoh buatanku sama temenku:

satu

dua

tiga

empat

akhir> pertama buka terminal kemudian ketik gedit namafile.c
> copy paste kodingan diatas lalu save
> di terminal ketik gcc -o namaterserah namafile.c> kemudian ketik ./namaterserah
> program sudah berjalan, ikuti saja perintah-perintah yang ada.

Gimana? Tertarik untuk mencoba?

tp

Tinggalkan komentar