Linux

Kenalan sama Linux

Wahh akhirnya ini blog gak kosongan lagi *ciyeee* *aplause*. Jadi gini berhubung nae (re: aku) berterimakasih banget sama kalian yang udah mau ngebuka blog ini dan nyempetin waktunya buat ”mau” baca semua tulisan-tulisan geje nae yang akan menghiasi blog ini, nae punya panggilan sayang buat kalian-kalian. Panggilan sayang itu adalah *tetteretteret*… “ching”. Ya, “ching” atau kalo lengkapnya “chingu” yang artinya temen, iya TEMEN. Jadi yang di friendzone sama gebetan jangan sedih ya, sekarang nae nge-friendzone-in juga. Dan bagi yang belum di “friendzone”in gebetan, nae ucapin selamat ya akhirnya ada yang mau ngefriendzone-in juga. Selamat ya ching! ^_^ *wkwkw* *tear*.

Oke sekarang kita masuk ke isi blog deh yuk, capek ah becanda mulu *shy*. First post ini bahasannya kalo nae bilang sih berat yak, jadi yang beban hidupnya udah berat nae saranin gausah baca deh wkwkwk *eh**becanda kok ching udah lanjutin aja bacanya, kesian first post nae kalo gaada yang baca*.

Nae lagi kuliah di Informatika nih sekarang, jadi kali ini nae akan coba share salah satu “temen” nae disini. Oke, lets go!!!!!

Kemarin nae dapet kenalan baru lagi, dia namanya Linux. Nah biar bisa kencan sama nih Linux nae butuh bantuan dari bang “Ubuntu”. Tapi setelah nae usaha, eh ternyata pacar nae (re:kompi) gamau diinstal ubuntu *hiks* *curcol*. Karena nae gak mau nyerah dulu, akhirnya Tuhan memberikan pertolongan pada nae dengan memndatangkan malaikat penolong(re:kompi ajk *nama lab*). Walopun pacar nae tetep ga mau di instalin ubuntu tapi berkat kompi ajk akhirnya nae bisa sedikit belajar tentang si “Linux” ini. Di linux ini ada suatu program bernama “Terminal” *bukan terminal buat nunggu bus/angkot lho -,-* yang fungsinya sebagai pusat kendali dari sistem operasi Linux *intinya pokok gitu deh yak*. Kalau di windows itu namanya command prompt *kalau ga tau juga gapapa*. Pokok lewat terminal kita bisa jalanin sistem operasi ini dengan cara yang lebih keren *kek hacker B)*. Berhubung nae juga masih newbie sama linux nae gabisa jelasin banyak, tapi nae akan share satu program yang udah berhasil nae buat disini (ya walopun masih dibantuin temen sih) *proud*.

11 << terminal di linux

47541377 << kalo ini terminal bus

Program ini adalah program untuk mencari angka prima yang ada dari suatu bilangan. Misal ada angka 5, bilangan prima yang ada adalah 2, 5. Misal lagi 30, bilangan prima yang ada adalah 2, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, dan 29. Nah ini nih kodingannya, cekidoootttt!!!!!

#!/bin/bash

num=$1
for i in `seq 2 $num`;
do
y=0

for j in `seq 1 $i`;
do
if [ $(( i%j )) -eq 0 ];
then
let y=$y+1
fi
done

if [ $y -eq 2 ];
then
echo $i
fi
done

*pacar gak mau diinstall ubuntu, sori ya ching kalo nggak bisa nampilin di terminal (gambar yg diatas nyomot dr mbah gugel)*

Langkah-langkah kalo mau nyoba sendiri:

  1. Install dulu os yang ada linux (misal: ubuntu). *ini wajib ‘ain* *kalo nggak bisa nginstall ada teknologi bernama minjem*
  2. Sebelum ngoding jangan lupa buat filenya dulu. Caranya buka terminal > ketik nano nama_file.sh
  3. Di nama_file.sh silahkan di copas kodingan diatas. setelah selesai ngopasnya, ketik ctrl+o (buat ngesave) -> enter -> ctrl+x(buat exit dari ngedit kodingannya)
  4. Nah setelah di-exit tadi, kalian bakal balik ke halaman awal terminal. untuk ngejalaninnya ketik bash nama_file.sh<spasi>bilangan (misal: bash nama_file.sh 9) *jangan lupa di-enter*
  5. Abis di-enter keluarnya
  • 2
  • 3
  • 5
  • 7

Buat chingudul yang sama sekali belum pernah ngoding pasti susah buat paham, dulu saya juga gitu *maklum bahasa alien*. Kalo sebelumnya udah pernah ngoding (entah java, c, c++, dll) cuman perlu sedikit beradaptasi aja, logikanya sama cuman penulisannya aja yang beda. Oya, buat perintah-perintah di kodingan seperti echo, let, do, dan kawan-kawan jelasinnya kapan-kapan aja yak. Nae udah capek nih ngetiknya, wkwkwk.

Buat yang udah nyempetin baca tengkyuu yaaa, kalian luar biasaaaahhhh. See yu chingggg, muahhh

tp

2 tanggapan untuk “Kenalan sama Linux

Tinggalkan komentar